Inilah Ciri-Ciri Kayu Yang Disebut Sebagai Kayu Mimang

Kayu mimang menurut berbagai versi kepercayaan asal- usulnya, mempunyai bermacam- macam bentuk. Sebenarnya kayu ini adalah berbentuk akar, tetapi akar yang bertemu dengan ujungnya.

Kayu mimang menurut sebuah versi adalah kayu yang mempunyai akar berbentuk seperti gurita (cumi- cumi). Kayu ini biasa terdapat di air, dan bisa berpindah- pindah atau dapat bergerak di dasar air. Namun sebagian besar pohon mimang bisa hidup di daratan. Jika disebut kayu amfibi, maka pendapat itu juga tidak salah. Karena kayu ini dapat bergerak dari darat ke air maupun sebaliknya.

Akarnya mempunyai pertemuan seperti halnya bambu pethuk, hanya saja akar ini terdapat cabang yang bertemu (tidak menempel). Kayu ini mempunyai batang yang tidak terlalu besar dan biasa terdapat buah yang sebesar buah salak. Batangnya sebesar lengan dan panjang satu meter, namun bisa mencapai lebih dari satu meter tergantung dari usianya.

Kayu ini dipercaya merupakan kayu jin yang dapat menghilang, jadi kayu ini dipercaya tidak mudah untuk didapatkan karena bisa di air maupun di darat.

Menurut versi lainnya kayu mimang adalah jenis kayu yang mempunyai pertemuan akar. Jadi bisa terdapat di segala jenis kayu atau tumbuhan. Pertemuan akar ini disebut mimang. Mimang  bukanlah kayu tetapi sebuah pertemuan akar.

Ada sebuah versi mengatakan bahwa kayu ini adalah akar yang muncul dipermukaan tanah. Bukan merupakan pertemuan akar pada ujungnya. Kepercayaan ini sangat sedikit yang mempercayainya, karena banyak terdapat akar yang keluar dari permukaan tanah. Sedangkan fungsinya tidak mempunyai kesamaan.

Dari beberapa contoh versi yang menjadi kepercayaan masyarakat Jawa pada umumnya, mempunyai manfaat yang tak jauh berbeda. Kayu ini jika terdapat dalam tanah, maka orang yang berjalan di atasnya akan kebingungan. Dalam artian lain jika jika kita melangkahinya maka akan tersesat. Kemampuan dari kayu ini pada umumnya hanya membuat kebingungan bagi yang melangkahinya.

Kemampuan atau kekuatan lain yang dimiliki oleh kayu ini dipercaya mempunyai kekuatan yang banyak, antara lain dapat sebagai pagar rumah, pagar diri, dan pengobatan. Sebagai pagar rumah adalah kayu ini ditanam pada depan pintu, tetapi sebelum ditanam harus dibawa memutar atau dibawa berkeliling rumah dengan arah putaran ke kiri. Dipercaya pencuri yang masuk ke dalam rumah akan kebingungan menemukan jalan keluar dari rumah itu.

Sebagai pagar diri jika kita membawanjya berpergian. Jika membawa maka kita tidak akan kebingungan. Namun juga sebagai media kekebalan yang sangat kuat. Tetapi kekuatan ini hanya sedikit yang mempercayainya.

Kekuatan lainnya yang terdapat pada kayu mimang adalah kayu ini dapat membantu dalam berdagang, lebih- lebih jika kita membawa buah yang terdapat pada kayu mimang tersebut. Namun keberadaan dari kayu ini tidak dapat dipastikan, hanya saja jika ada tempat yang sering membuat tersesat, maka bisa jadi di tempat tersebut terdapat akar mimang.

Kayu dan akar mimang maupun buah yang ada di pohon mimang dipercaya mempunyai tuah yang  berbeda- beda. Jika anda ingin menggunakan kayu mimang ini maka silahkan hubungi Wa 085866238055. Mas azie sebagai kolektor pusaka memiliki banyak sekali koleksi kayu mimang yang memang sudah di oleah untuk berbagai macam bentuk. Ada yang berbentuk mustika, ada yang berbentuk tasbih dan lain sebgainya.

 493 total views,  1 views today